JUM’AT KLIWON, MAS LINDRA ZIARAH DI TJITROSOMAN DAN SUNAN BEJAGUNG LOR

  • Nov 10, 2023
  • Bejagung

Bejagung- Suara sirine mobil Patwal samar terdengar dari arah Selatan Jalan Hayam Wuruk pada pukul 10.10 WIB  tanggal 10 November 2023 tepat pada hari Jum’at Kliwon. Pertanda rombongan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, S.E. dan Forkopimda sesaat lagi sampai di Makam Tjitrosoman.

Kehadiran bupati termuda di Jawa Timur ini ziarah ke makam leluhur sebagai ritual agenda tahunan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-730. Turut mendampingi beliu, Ketua DPRD Tuban, H.M. Miyadi, S.Ag.,M.M., Kapolres , Dandim 0811, Kepala Kejaksaan Negeri, Kepala Pengadilan Negeri , dan Kepala Pengadilan Agama.

Makam pertama yang dituju, Kanjeng Pangeran Notowidjoyo, Bupati Tuban ke-31, bergelar Tjitrosoma VII. Dilanjutkan ke Makam Kanjeng Kyai Tjitronegoro, Bupati Tuban ke-32  bergelar Tjitrosumo VIII, serta Raden Panji Murdho Kusumo(Tjitrosumo IX) yang tak lain Bupati Tuban ke-33.

Bupati yang menjabat sejak 20 Juni 2021 ini Juga menyempatkan ziarah ke makam keluarga, diantaranya: R.M. Sidik Karjo Diredjo (kakek), R.A. Siti Supiah (nenek) serta R. Budi Handoko Wicaksono (paman).

Didampingi Kepala Desa Bejagung, Aang Sutan MRS, dan Camat Semanding, drh. Cipta Dwipriyata, Kapolsek dan Danramil, selesai ziarah di Makam Tjitrosoman, bupati beserta rombongan  jalan kaki menuju makam Syekh Asy’ari. Disela-sela perjalanan, bupati yang masih lajang ini dengan sabar menyempatkan bercengkerama dengan warga yang menunggu  di sepanjang jalan.

Dipimpin mbah Darmawan, juru kunci, rombongan dengan khusyuk membaca tahlil di makam auliya’ yang tersohor dengan sebutan Sunan Bejagung Lor. Selesai tahlil, jamaah berdoa agar Kabupaten Tuban selalu aman, damai, makmur dan sejahtera. Tak lupa pula agar pemimpin Tuban dijauhkan dari bala’ dan segala fitnah.

Selesai agenda ziarah di Bejagung, Mas Lindra mampir di Sumur Keramat yang terletak di selatan Makam. Konon, air dari sumber ini bisa menyembuhkan penyakit kulit utamanya gatal-gatal. Juga dipercaya bisa membuat wajah awet muda bagi yang mandi atau membasuh muka. 

Sebelum meninggalkan area makam, beliau memberikan santunan kepada kaum dhuafa, berfoto dengan warga beserta anak-anak. (ril)